Kamis, 28 September 2017

PENGARUH SUMUR DALAM TERHADAP SUMUR DANGKAL TETANGGA

pengaruh sumur dalam terhadap sumur dangkal


Pada kesempatan kali ini akan membahas tentang pekerjaan sumur dalam pada pembangunan suatu proyek. Berdasarkan pengalaman pribadi pada proyek pengeboran sumur dalam akan menimbulkan banyak masalah sosial yang dengan sumur dalam. Memang benar, pekerjaan sumur dalam ini perijinannya agak susah dibandingkan dengan pekerjaan struktur dan pekerjaan lainnya. Sumur dalam biasanya terdapat pada proyek-proyek pembangunan hotel, rumah sakit, apartemen dan sebagainya. Lalu mengapa harus menggunakan sumur dalam sebagai sumber air.

pada kesempatan ini kita akan membahas tentang pembuatan sumur dalam di pembangunan suatu proyek. berdasarkan pengalaman dari beberapa ahli sumur pada proyek pengeboran sumur dalam dapat menyebabkan berbagai masalah sosial. benar adanya bahwa pekerjaan pembutan sumur dalam untuk masalah perizinan agak ketat jika di bnatingkan dengan pengerjaan struktur ataupun pekerjaan lainnya. pembuatan sumur dalam biasanya terdapat pada proyek-proyek pembnagunan hotel, rumah sakit, partemen dan lain sebagainya. lantas mengapa harus menggunakan sumur dalam sebagai sumber air bersih? baca :sumber air bersih dijogja.

bersih? Walaupun sudah terdapat beberapa peraturan daerah yang mengatakan sumber air bersih pada bangunan hotel harus berasal dari PDAM dan sumur dalam, namun tetap saja membutuhkan sumur dalam/deepwell karena kebutuhan air bersih pada bangunan hotel sangat tinggi sehingga mau tidak mau harus memiliki sumur dalam sendiri. meskipun sudah terdapat beberapa aturan daerah yang mengatakan sumber air bersih pada banguna hotel harus dari PDAM dan sumur dalam, namun tetap saja harus mneggunakan sumber air dari sumur dalam di karenakan penggunaan air di hotel sangat banyak sehingga mengahruskan penggunaan sumber air dari sumur dalam.

Sebelum jauh membahas tentang dampak sumur dalam, terlebih dahulu harus dipahami apa sebenarnya yang dimaksud dengan sumur dalam. Sekilas memang sumur dalam ini mirip dengan sumur bor yang ada di rumah-rumah warga. Namun yang dimaksud sumur dalam disini adalah sumur yang mempunyai kedalaman lebih dari 70 m bahkan 100 m. Berbeda dengan sumur dangkal yang banyak dimiliki warga sekitar dengan kedalaman 10-20 m. Sering kali pemahaman masyarakat mengenai sumur dalam atau deepwell ini akan berpengaruh terhadap air pada sumur dangkal di sebelahnya. baca juga : pengaruh sumur dalam terhadap sumur dangkal

Pembangunan gedung-gedung hotel biasanya akan menggunakan sumur artesis/dalam/deepweell sebagai sumber utama air bersih. Kebutuhan yang sangat besar tentu tidak akan cukup apabila menggunakan sumur dangkal. Selain itu dampak ke lingkungan juga tidak baik apabila sama-sama menggunakan sumur dangkal. Salah satu masalah sosial yang timbul adalah sering kali terjadi demo warga terhadap bangunan-bangunan gedung yang akan melakukan pengeboran sumur dalam karena dikhawatirkan berpengaruh terhadap persediaan air di sumur tetangga. Oleh karena itu proses pelaksanaan pengeboran sumur dalam/deepwell ini tidak bisa langsung dilakukan begitu saja karena ada beberapa tahap yang harus dilakukan seperti adanya proses sosialisasi terhadap warga sekitar yang dilakukan secara bertahap. Selain itu semua warga sekitar harus menyetujui secara tertulis berupa tanda tangan tidak keberatan adanya pengeboran sumur dalam.

Berbicara mengenai dampak, setiap pekerjaan tentu mempunyai dampak negatif dan positif. Penanganan sumur dalam/deepweel sering dikaitkan dengan adanya dampak buruk terhadap sumur tetangga. Warga sekitar khawatir stok persediaan air bersih di sumurnya akan habis akibat tersedot oleh sumur dalam. Lalu apakah benar sumur dalam dapat menyebabkan berkurangnya stok air bersih di sumur tetangga?
Menurut hemat saya, hal itu mungkin saja bisa terjadi dan mungkin saja tidak terjadi. kehadiran sumur dalam/deepwell pada umumnya tidak akan mempengaruhi berkurangnya stok air bersih pada sumur dangkal karena adanya perbedaan kedalaman sumber air pada lapisan tanah yang berbeda. Sumur dangkal bersumber pada air tanah dangkal. Sedangkan sumur dalam bersumber pada air tanah dalam.
1. Air tanah dangkal adalah air tanah yang berada di bawah permukaan tanah dan di atas lapisan batuan impermeable (lapisan kedap air). Air tanah ini sering digunakan untuk kebutuhan sehari-hari pada rumahan.
2. Air tanah dalam adalah air tanah yang berada di bawah air tanah dangkal dan batuan impermeable. Air tanah ini sering digunakan untuk kebutuhan industri karena persediaan air bersih yang sangat melimpah. Untuk kedalaman dari air tanah dalam tidak dapat dipastikan karena setiap tempat memiliki tebal lapisan tanah yang berbeda-beda. Mungkin saja di tempat A kedalaman sumur dalam bisa mencapai 125 m sedangkan di tempat B hanya membutuhkan kedalaman 80 m.baca : jenis-jenis air


Dari beberapa penjelasan sederhana di atas, saya dapat mengambil kesimpulan bahwa sumur dalam tidak mempengaruhi stok persediaan atau mengganggu sumur dangkal milik tetangga. Ada pun pengaruh kecilnya hanya pada saat pelaksanaan karena mungkin ada kebisingan saat proses pengeboran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar